Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hosting

Blog yang Diinangi atau Diinangi Sendiri?

Jika Anda akan memulai membuat blog. Apakah itu untuk penggunaan pribadi atau bisnis, Anda akan dihadapkan dengan sejumlah keputusan kunci. Salah satu keputusan yang paling penting adalah platform blogging mana yang akan digunakan.



Biasanya platform blogging terbagi dalam dua kategori utama:


  • Di-host
  • Di-host sendiri

Hosted Hosted blogging platform hanyalah blog yang menempati ruang web pada server penyedia blogging misalnya Blogger atau WordPress.com. Situs blog yang dihosting menawarkan sejumlah manfaat. Mereka mudah diatur dan dalam banyak kasus yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar, pilih nama untuk blog Anda dan Anda tinggal pergi. Blog yang di-host dari penyedia utama biasanya gratis yang ideal jika Anda bekerja dengan anggaran terbatas. Karena blog di-host, Anda tidak akan memiliki kekhawatiran manajemen sistem karena hampir semuanya akan diurus oleh penyedia, jadi tidak ada biaya bandwidth atau biaya hosting web yang perlu dikhawatirkan.


Blog yang di-host adalah cara yang bagus dan sangat murah untuk membuat blog dan berjalan, namun mereka memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Karena blog web di-host, Anda hanya memiliki sedikit kontrol atas perubahan apa yang dapat Anda lakukan pada tampilan situs blog, hal ini bisa sangat membatasi jika Anda mencoba untuk mencocokkan tampilan situs web bisnis Anda. Anda mungkin dibatasi dalam menambahkan fungsionalitas tambahan ke situs Anda. Biasanya Anda tidak akan dapat menggunakan nama domain Anda sendiri dengan layanan yang dihosting (beberapa penyedia menawarkan layanan ini dengan biaya tambahan). Anda mungkin menemukan blog yang dihosting memiliki sejumlah pembatasan lain yang dapat mencegah Anda memperluas situs Anda dengan cara yang Anda inginkan.


Singkatnya blog yang dihosting adalah cara cepat untuk memulai blogging tetapi Anda perlu mempertimbangkan kekurangannya.


Self Hosted Blog yang dihosting sendiri hanyalah sebuah blog yang Anda miliki dan pelihara di host web Anda sendiri. Anda perlu menginstal perangkat lunak blog dan membuat persyaratan tambahan seperti database sendiri. Banyak perusahaan web hosting sekarang menyediakan antarmuka sederhana pada panel kontrol untuk melakukan instalasi 1-klik perangkat lunak blogging umum seperti WordPress, Drupal dan Joomla yang membuat hidup jauh lebih mudah.


Manfaat utama dari hosting mandiri adalah Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri untuk situs Anda. Anda akan memiliki kontrol penuh atas tampilan dan nuansa blog dan akan dapat menambahkan fungsionalitas tambahan sesuai keinginan Anda. Anda juga akan dapat dengan mudah mengintegrasikan blog Anda dengan situs web bisnis Anda jika Anda menggunakan rute self hosted.


Tentu saja rute self hosted tidak semuanya berjalan mulus. Pertama-tama Anda memang memerlukan akun web hosting yang biayanya bisa bervariasi, namun pasar web hosting sangat kompetitif sehingga Anda akan dapat mengantongi penawaran yang bagus dan biayanya hanya beberapa dolar per bulan.


Karena Anda hosting sendiri, Anda akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pembaruan perangkat lunak diinstal bersama dengan patch keamanan apa pun, ini tidak begitu banyak masalah jika Anda hanya menjalankan satu blog, tetapi ini bisa menjadi latihan yang memakan waktu jika Anda memiliki sejumlah situs blog yang berbeda. Demikian juga jika blog mengalami masalah sebagai akibat dari kesalahan pengguna atau mungkin plugin yang tidak kompatibel maka Anda akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika Anda beruntung, web-host mungkin menawarkan beberapa dukungan tetapi mungkin terbatas dan tidak akan selalu dalam rentang waktu yang mungkin Anda butuhkan.


Jadi secara ringkas, baik host maupun self hosted menawarkan sejumlah manfaat dan kekurangan. Jika Anda menginginkan blog yang cepat dan mudah dan tidak perlu repot-repot mengubah tampilan dan nuansa atau menggunakan nama domain Anda sendiri, maka situs yang dihosting adalah yang termudah dan paling hemat biaya. Namun, jika Anda membutuhkan fleksibilitas dan kontrol maka Anda benar-benar perlu mempertimbangkan untuk menggunakan WordPress self hosting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib