Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hosting

Cara Memilih Web Hosting yang Tepat


Bagi seseorang yang belum pernah membuat website atau tidak memiliki pengalaman di bidang ini, memilih web hosting yang tepat bisa menjadi tantangan besar atau bahkan kesalahan pertama. Bukan karena sulit menemukan layanan web hosting, tetapi karena sulit memilih web hosting yang tepat untuk website tertentu. Ada banyak penawaran murah, banyak penawaran hosting gratis dan banyak kemungkinan untuk keputusan yang salah. Memilih web hosting gratis adalah kesalahan yang sangat umum. Tidak ada makan siang gratis. Web hosting gratis boleh-boleh saja untuk beberapa jenis website, tetapi Anda harus selalu memeriksa persyaratan layanan dan reputasi penyedia web hosting ini.



Ada beberapa istilah teknis yang berhubungan dengan web hosting yang harus Anda pahami dan periksa. Anda tidak perlu membahas secara detail dan memahami teori dan semua detailnya. Cukup mengetahui dasar-dasarnya dan membedakan berbagai paket hosting. Sebelum Anda mulai mencari hosting, Anda harus memiliki visi yang jelas tentang situs web Anda. Apa jenis situs webnya (beranda pribadi, blog, forum, surat penjualan, e-commerce, dll.), berapa banyak basis data yang Anda butuhkan, berapa banyak domain yang akan Anda gunakan, persyaratan khusus apa pun,...


Hosting Gratis

Ada banyak penawaran hosting web gratis di seluruh web. Beberapa akan menempatkan iklan di halaman Anda, yang lain akan memerlukan keanggotaan, sementara beberapa benar-benar gratis tanpa persyaratan khusus. Jika situs web Anda akan menjadi blog atau situs web pribadi maka hosting gratis mungkin baik-baik saja. Namun, jangan pilih web hosting gratis untuk situs web komersial apa pun. Untuk hosting situs web komersial, Anda memerlukan penyedia hosting yang andal dengan dukungan yang cepat.


Domain

Domain adalah nama yang mengidentifikasi situs web Anda, misalnya mycoolwebsite.com. Domain ini akan menjadi bagian dari url atau alamat web situs web Anda. Nama domain adalah elemen terpenting dari website jika Anda berniat untuk melakukan bisnis online. Jika Anda akan memiliki blog sederhana atau homepage pribadi maka domain tidak begitu penting. Hampir semua penyedia web hosting menawarkan layanan pendaftaran domain. Anda harus memutuskan berapa lama Anda akan mendaftarkan domain, dari 1 tahun hingga 10 tahun. Setelah periode itu, Anda akan memiliki kemungkinan untuk memperpanjang pendaftaran. Tidak ada aturan untuk periode pendaftaran, pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda mungkin juga sudah memiliki beberapa domain yang terdaftar. Ketika Anda akan memiliki akses ke panel kontrol hosting Anda, Anda cukup memasukkan detail domain. Banyak penyedia hosting menawarkan paket dengan jumlah domain yang tidak terbatas. Jika Anda memilih paket yang terbatas hanya dengan satu domain, pastikan Anda tidak membutuhkan domain tambahan.


Ruang Disk

Anda memerlukan ruang disk untuk menyimpan halaman web atau skrip blog Anda. Ruang yang Anda perlukan tergantung pada halaman yang akan Anda hosting. Karena sebagian besar penyedia hosting menawarkan ruang disk yang cukup besar bahkan untuk paket hosting terkecil, ruang disk seharusnya tidak menjadi masalah. Beberapa penyedia juga menawarkan ruang disk tak terbatas. Tentu saja, ini terbatas, tetapi batasnya adalah batas sebenarnya dari ruang disk server web (yang juga dibagi di antara semua situs web di server ini).


Bandwidth

Ketika pengunjung akan datang ke situs Anda, mereka benar-benar akan mengunduh setiap halaman termasuk semua file pendukung dan gambar yang diperlukan untuk menampilkan halaman ini. Pengunduhan ini menghabiskan beberapa bandwidth. Jika situs web Anda tidak akan memiliki lebih dari ribuan pengunjung setiap hari (sangat tidak mungkin) maka hal ini seharusnya tidak menjadi perhatian Anda.


Basis Data MySQL

Banyak script populer seperti Wordpress dan Joomla membutuhkan satu database MySQL. Database adalah penyimpanan untuk konten halaman Anda. Biasanya Anda hanya membutuhkan satu, tetapi Anda harus memeriksanya terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memiliki paket hosting yang menawarkan lebih dari satu database karena cepat atau lambat Anda akan menginstal beberapa skrip baru dan Anda akan memerlukan database pengujian.


PHP

PHP adalah bahasa scripting yang digunakan untuk membuat halaman web secara dinamis. Kebanyakan skrip populer didasarkan pada PHP sehingga paket hosting Anda harus mendukungnya. Ada beberapa versi PHP yang berbeda. Periksa versi mana yang dibutuhkan skrip Anda. Ada juga beberapa fitur lain yang akan ditawarkan oleh penyedia web hosting Anda seperti CGI, Fast CGI, Ruby on rails, SSH, Perl, Chilisoft, ASP, Python, SSI, Cron, dll. Periksa apa yang dibutuhkan skrip Anda untuk bekerja dengan baik.


Dukungan

Pastikan penyedia hosting Anda memiliki setidaknya beberapa kemungkinan berbeda untuk dukungan: telepon, forum, email, dll. Anda akan membutuhkannya ketika situs web Anda akan down atau Anda akan tersesat di panel kontrol.


Harga

Tentukan kebutuhan, bandingkan penyedia hosting dan paket mereka sesuai dengan kebutuhan Anda dan fitur yang ditawarkan, dan baru kemudian pilih paket hosting sesuai harga. Anda membutuhkan web hosting karena Anda membutuhkan kehadiran online yang berkelanjutan dan bukan karena beberapa penyedia hosting murah.


Ada banyak istilah lain yang akan Anda temukan ketika Anda akan mencari web hosting terbaik. Jika Anda tidak tahu apa artinya maka Anda bisa melewatinya, pastikan Anda akan memiliki semua yang dibutuhkan situs web Anda untuk bekerja dengan baik. Jika Anda akan memilih plat hosting yang tidak memiliki beberapa fungsi, Anda akan memiliki dua kemungkinan. Entah untuk membeli fitur tambahan ini atau untuk mengubah paket hosting. Bagaimanapun, setelah Anda memilih hosting pertama Anda dan menyiapkan situs web pertama Anda, Anda akan mendapatkan pengalaman untuk proyek web berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib