Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hosting

Pengenalan dan Dasar-dasar Web Hosting


Apa itu Web Hosting?


Layanan web hosting adalah sejenis layanan hosting Internet yang mengalokasikan untuk membuat situs web Anda sendiri dapat dijangkau melalui World Wide Web. Perusahaan web hosting adalah penyedia ruang pada server yang mereka miliki atau sewa untuk digunakan oleh pelanggan mereka plus menyediakan konektivitas Internet. Mereka menyediakan ruang pusat data dan konektivitas ke Internet untuk server yang tidak mereka miliki untuk ditempatkan di pusat data mereka, yang dikenal sebagai co-location. Jenis utama web hosting dapat dikategorikan sebagai shared, dedicated, co-location, dan reseller.



Apa itu Hosting Virtual?


Metode hosting virtual, juga dikenal sebagai metode shared hosting, menggunakan satu alamat IP untuk hosting banyak nama domain di komputer. Ini memungkinkan Anda berhak menggunakan server virtual, dan menggunakan komputer secara efisien dengan berbagi sumber daya komputer seperti memori dan siklus prosesor. Panel administrasi untuk hosting virtual ramah pengguna dan hampir 98% situs web saat ini dihosting oleh ini. Biasanya ini adalah cara terbaik untuk menjadi tuan rumah karena menawarkan hosting situs web berbiaya rendah untuk klien.


Apa itu Hosting Khusus?


Layanan hosting khusus adalah jenis hosting internet di mana pelanggan menyewa seluruh server yang tidak dibagikan dengan siapa pun. Ini fleksibel karena organisasi memiliki kendali penuh atas administrasi situs web dan juga atas perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankannya. Hosting khusus direkomendasikan jika pengguna mengharapkan banyak lalu lintas di situs web. Ini lebih menguntungkan bagi pengguna dengan kebutuhan yang canggih, karena memungkinkan pengoperasian aplikasi yang lebih kompleks, seperti media streaming, database, dan solusi email kelas atas.


Apa yang dimaksud dengan Nama Domain?


Dalam web, harus ada cara untuk mengidentifikasi setiap situs web yang berbeda. Nama domain adalah identitas atau alamat dalam komunitas online yang menggunakan Internet. Sebuah situs web pada dasarnya diidentifikasi dengan nama domain yang hanya digunakan sebagai label pengakuan untuk menandakan kepemilikan atau kontrol sumber daya. Ini menggunakan berbagai konteks jaringan dan fungsi penamaan dan pengalamatan khusus aplikasi. Pendaftaran nama domain dikelola oleh pendaftar nama domain yang menjual layanan kepada publik.


Apa itu Ruang Disk dan Bandwidth / Transfer Data?


Ruang disk adalah ukuran situs web Anda. Ini mengacu pada jumlah ruang hard disk yang ditawarkan perusahaan hosting untuk halaman web Anda. Seluruh dokumen, grafik, animasi, dll. harus mengisi ruang penyimpanan ruang ini. Bandwidth adalah ukuran kemampuan jaringan atau server yang meng-host situs web, untuk mengirim data pada waktu tertentu. Transfer data adalah kuantitas data yang dikirim oleh server selama periode waktu tertentu. Kecepatan transfer biasanya diukur dalam gigabyte - miliaran byte.


Apa itu Uptime?


Uptime mengacu pada waktu situs web aktif dan berjalan. Ini sangat penting dalam menilai keandalan dan stabilitas situs web. Ini menandakan waktu komputer dapat melakukan tugas bahkan tanpa pengawasan tanpa crash, atau perlu di-boot ulang untuk keperluan administrasi atau pemeliharaan. Jenis uptime web hosting termasuk Network Uptime dan Server Uptime. Network Uptime terletak di data center dan Server Uptime adalah server yang terletak di luar. Ketersediaan jaringan yang terletak di pusat data dengan koneksi internet yang kuat memberikan uptime untuk situs web.


Apa Perbedaan antara Hosting UNIX dan Hosting Windows?


Perbedaan utama antara UNIX Hosting dan Windows Hosting adalah perangkat lunaknya. Hosting web Windows akan menjalankan perangkat lunak Microsoft misalnya bahasa skrip VBScript dan database Microsoft Access, sedangkan UNIX sebaliknya tidak cocok dengan jenis perangkat lunak ini. Microsoft adalah orang-orang yang melakukan perbaikan pada Windows, sementara UNIX di sisi lain telah dikembangkan oleh ribuan orang anonim. Dalam hal keandalan dan biaya, UNIX memiliki sedikit keuntungan, tetapi bagi perancang web pada umumnya, tidak akan ada perbedaan besar di antara keduanya.


Apa itu SSL?


Secure Sockets Layer yang merupakan singkatan dari SSL adalah keamanan teknologi standar untuk mengatur hubungan terenkripsi antara server web dan browser. Ini menjamin bahwa semua data yang dilewatkan antara server web dan browser tetap pribadi dan tidak terpisahkan. Ini adalah standar industri dan diterapkan oleh jutaan situs web dalam keamanan transaksi online mereka dengan pelanggan mereka. Sertifikat SSL diperlukan di server web untuk dapat membuat koneksi SSL. SSL yang aktif di komputer ditentukan ketika "gembok kecil" muncul di browser pengguna.


Apa itu FTP?


FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocol, protokol yang biasa digunakan untuk bertukar file antar jaringan, termasuk Internet. FTP adalah cara untuk menyalin file dari satu komputer ke komputer lain, biasanya digunakan dalam peer file sharing. FTP bekerja dengan cara yang sama seperti HTTP untuk mentransmisikan halaman Web dari server ke browser pengguna dan SMTP untuk mentransfer surat elektronik melalui Internet. FTP menggunakan protokol TCP/IP Internet untuk memungkinkan transfer data. Siapa pun yang mengunduh dari internet kemungkinan besar telah menggunakan aplikasi FTP.


Apa itu Panel Kontrol?


Salah satu faktor penting untuk menjalankan situs web secara efektif adalah panel kontrol. Control panel memberikan akses ke fitur-fitur seperti akun FTP, akun email, sub-domain, database yang dapat dibuat atau ditambahkan, serta kapasitas untuk menangani file dan semacamnya. Control panel merupakan bagian utama dari proses dedicated server dalam membuat website sebaik mungkin. Ini untuk pemeliharaan dan pemantauan antarmuka yang disediakan oleh perusahaan hosting. Banyak pilihan opsi yang tersedia di Control Panel.


Apa itu cPanel?


Cpanel adalah perangkat lunak situs web backend yang menjalankan sebagian besar layanan hosting berbasis Linux dan salah satu panel kontrol yang paling dikenal. Ini menyajikan teknik untuk hosting situs web tentang cara menangani domain dengan antarmuka web. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna telah bertanggung jawab dan bertanggung jawab untuk mengelola situs mereka. Mengelola email, file, info cadangan, FTP, skrip CGI, termasuk statistik situs web. Administrator, reseller, dan bahkan tamu situs web dapat mengontrol web host, tetapi dengan batasan pada jenis identitas pengguna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib